Jumat, 01 Januari 2010

Belajar Mengenal Alam Sejak Dini

Hari Jumat, 1 Januari 2010 adalah hari yang ditunggu-tungu lama oleh para keluarga yang tergabung di komunitas eks-Kohati Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta, khususnya putra-putri mereka. Hari pertama tahun 2010 itu diimpikan menjadi hari pembuka tahun yang menyenangkan, menggembirakan, penuh canda-ria, penuh kekeluargaan, kebersamaan dan luar biasa.

Betul...sejak sampai menginjakkan kaki di kawasan Kebun Penetilian dan pendidikan Pertanian UGM di Berbah Sleman, anak-anak semua ceria, saling bersalaman, saling bercanda sambil menunggu acara demia acara outbond dimulai. Sampai pukul 09.00 acara telah berkumpul 22 anak yang seterusnya menjadi peserta tetap Outbond generasi baru Eks Kohati 2010. Sementara itu, bapak/Ibu yang ikut mengantar antara lain: Zuhriyah (Pimpro), Nunik-mas Farid, Pak Hamim-Yanti, Somiyatun-pak Muslihin, Mahlani-alina niha, Bapak-Ibu Umam, Bapak-ibu Haris, Bapak-Ibu Wakijo, dll.
Generasi kecil calon penerus perjuangan ini antara lain: Zainab, Fakhri, Niha, Arin, Fidaus, Ading, Akmal, Sadid, Elan, Hanif, Faris, Akrom, Hanan, Fahmi, Iqbal, Bela, Ifah, Rifa, Aya, Azka, Ilma, dll.

Acara diawali dengan pemanasan dan perkenalan peserta, kemudian dilanjutkan dengan train balon, sibuta, flying fox dan diakhiri dengan panen rambutan bersama.

Semua ceria, bergembira, tertawa dan bermain bersama. Lebih-lebih ketika di sungai. Sambil menunggu giliran flying fox, peserta nyebur kesungai semua, bermain air, batu, ciprat-cipratan dan seterusnya...asyik sekali. Tranernya sampai bingung, karena peserta asik bermain sendiri...
Benar bahwa outbond merupakan media sangat efektif bagi anak-anak untuk tumbuh kembangnya keberanian, empati, kerja sama, kreatifitas, dan mengenal arti hidup yang sebenarnya. Dengan bermain di sungai, mereka sekaligus memahami betapa air, batu, lumpur, dll adalah makhluk Allah SWT yang sangat berguna. Semua itu merupakan teman bermain yang sarat makna - ketimbang berbagai permainan buatan dari plastik yang sekarang ini memenuhi ruangan rumah kita.

Mengenal alam, mengenal diri dan mengenal orang lain adalah tahap awal bagi anak untuk mengeksplorasi potensi kreatifnya yang luar biasa untuk diaktualisasikan menjadi sebuah gerakan tubuh, dalam bentuk bercakap-cakap, kreatifitas membuat karya, dan bersosialisasi dengan sesama teman. Selamat...berbahagia



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar